Kami memiliki kepedulian yang amat besar pada pendidikan, khususnya pada kualitas para pendidik. Kami memandang kompetensi guru ideal terkait dengan segenap pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki seorang tenaga pengajar serta penerapannya di dalam pekerjaan sesuai dengan kebutuhan lapangan. Standar kompetensi guru meliputi:
- Kompetensi pengelolaan pembelajaran,
- Wawasan kependidikan,
- Kompetensi akademik atau bidang studi,
- Pengembangan profesi, dan
- Kemampuan kepribadian
(Depdiknas, 2004 dan Suparno, 2001).
Sehingga itu semua adalah apa yang kami ingin bantu untuk para guru.
A. Training Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran
Dalam program ini, Guru akan dilatih sehingga memiliki kemampuan sebagai berikut:
- Menyusun Rencana Pembelajaran, menyangkut:
- Mendeskripsikan tujuan pembelajaran,
- Menentukan materi pembelajaran sesuai kompetensi yang telah ditentukan,
- Mengorganisasi materi,
- Mengalokasi waktu,
- Menentukan metode,
- Merencanakan prosedur pembelajaran,
- Menentukan media pembelajaran, dan
- Menentukan sumber belajar.
- Melaksanakan Pembelajaran, menyangkut:
- Membuka pelajaran sesuai metode,
- Menyajikan materi pelajaran secara sistematis,
- Menerapkan metode dan prosedur yang telah ditentukan,
- Mengatur kegiatan siswa di kelas,
- Menggunakan media pembelajaran,
- Menggunakan sumber belajar,
- Memotivasi siswa dengan berbagai sumber,
- Melakukan interaksi dengan siswa/pembelajar,
- Memberikan pertanyaan umpan balik,
- Menyimpulkan pembelajaran, dan
- Menggunakan waktu secara efektif dan efisien.
- Menilai Prestasi Belajar, menyangkut:
- Menyusun perangkat penilaian,
- Melaksanakan penilaian,
- Memeriksa jawaban/memberikan skor tes hasil belajar,
- Menilai hasil belajar,
- Mengolah hasil penilaian,
- Menganalisis hasil penilaian,
- Menyimpulkan hasil penilaian,
- Menyusun laporan hasil penilaian, dan
- Memperbaiki soal.
- Tindak Lanjut Penilaian, menyangkut:
- Mengidentifikasi kebutuhan tindak lanjut hasil penilaian,
- Menyusun program tindak lanjut hasil penilaian,
- Melaksanakan tindak lanjut,
- Mengevaluasi tindak lanjut, dan
- Menganalisis hasil evaluasi.
B. Wawasan Kependidikan
Dalam program ini, Guru akan dipahamkan wawasan yang berikut ini:
- Memahami Landasan Kependidikan, menyangkut:
- Menjelaskan tujuan dan hakikat pendidikan,
- Menjelaskan tujuan dan hakikat pembelajaran,
- Menjelaskan konsep dasar pengembangan kurikulum, dan
- Menjelaskan struktur kurikulum.
- Memahami Kebijakan Pendidikan, menyangkut:
- Menjelaskan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional,
- Menjelaskan tujuan intitusional,
- Menjelaskan sistem dan standar kompetensi guru,
- Memanfaatkan standar kompetensi siswa,
- Menjelaskan konsep pengembangan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan,
- Menjelaskan konsep pengembangan manajemen pendidikan yang diberlakukan, dan
- Menjelaskan konsep dan struktur kurikulum.
- Memahami Tingkat Perkembangan Siswa, menyangkut:
- Menjelaskan psikologi pendidikan yang mendasari perkembangan siswa,
- Menjelaskan tingkat-tingkat perkembangan siswa, dan
- Mengidentifikasi tingkat perkembangan siswa.
- Memahami Pendekatan Pembelajaran, menyangkut:
- Menjelaskan teori belajar yang sesuai dengan pembelajaranya,
- Menjelaskan strategi dan pendekatan, dan
- Menjelaskan metode pembelajaran.
- Menerapkan Kerja Sama dalam Pekerjaan, menyangkut:
- Menjelaskan arti dan fungsi kerja sama dan
- Menerapkan kerja sama dalam pekerjaan.
- Memanfaatkan Kemajuan IPTEK dalam Pendidikan, menyangkut:
- Menggunakan berbagai fungsi internet terutama email dan mencari informasi,
- Menggunakan komputer minimal untuk mengetik.
C. Kompetensi Akademik/Bidang Studi
Kompetensi akademik, yakni menguasai materi pembelajaran sesuai bidangnya. Kemampuan dalam bidang studi membuat pemahaman akan karakteristik dan isi bahan ajar, menguasai konsepnya, mengenal metodologi ilmu yang bersangkutan, memahami konteks bidang itu dan juga kaitanya dengan masyarakat, lingkungan dan dengan ilmu lain.
Program ini akan:
- Membantu guru dalam menguasai bahan dan bidang yang menjadi tugasnya. Kesalahan dalam mengerti bahan itu sendiri akan menyebabkan anak didik mengerti secara salah atau terjadi salah konsep. Terlebih guru SD yang menjadi dasar perkembangan berikutnya harus mengikuti bahan ajar mereka secara benar.
- Membantu guru dalam memahami bagaimana metode ilmu yang diajarkan itu sendiri bekerja. Guru perlu mengerti bagaimana cara kerja ilmu yang digelutinya, sehingga mudah untuk menjelaskan kepada anak didik.
- Membantu guru untuk bisa mengerti konteks ilmu yang hendak diajarkan dalam masyarakat dan teknologi yang sekarang ada. Dengan mengerti konteksnya guru akan lebih mudah menjelaskan kepada siswa karena ilmu tidak asing bagi mereka.
D. Pengembangan Profesi
Pengembangan profesi, menyangkut:
- Menulis karya ilmiah hasil penelitian,
- Menulis karya ilmiah hasil tinjauan bidang pendidikan,
- Menulis ilmiah popular,
- Menulis buku modul/diktat,
- Membuat alat pelajaran,
- Menciptakan karya seni, dan
- Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum
E. Kemampuan Kepribadian
Kemampuan kepribadian mencakup kepribadian yang utuh, berbudi luhur, jujur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain; kemampuan mengembangkan profesi seperti berpikir kreatif, kritis, reflektif, mau belajar sepanjang hayat, dapat ambil keputusan dan lain-lain (Depdiknas, 2001).
Untuk ini, maka program pemberdayaan yang diberikan antara lain:
- Universal ESQ untuk memicu tumbuhnya mentalitas jujur, ikhlas, bersedia bekerja keras dan bermoral
- Personality Plus untuk mengembangkan kepribadian diri dan siswa didik
- Howard Gardner Multiple Intelligence untuk memahami keunikan setiap diri siswa dan menyusun pendekatan mengajar yang bersesuaian
- Achievement Motivation Training untuk melatih kemampuan memotivasi diri dan siswa
- Komunikasi Interpersonal & Publik untuk melatih kemampuan konseling dan berbicara di hadapan publik
- Teamwork Building untuk mengikat guru sebagai sebuah tim yang solid untuk bersama-sama membangun sekolah dan mendidik siswa.
F. Paket Training/Seminar Singkat
Kami juga menyediakan jasa pelatihan/seminar singkat berdurasi satu/dua hari dalam topik sebagai berikut:
- Achievement Motivation Training for Teacher
- Learning How To Learn - Belajar bagaimana cara belajar
- Training for Trainer - Belajar bagaimana cara mengajar
- Emotional Spiritual Quotient Seminar
- Learning Style & Multiple Intelligences Seminar
- Seminar Memupuk dan Menumbuhkembangkan Kreativitas di Usia Belia
- Training Teknik Memotivasi dan Menginspirasi
- Training untuk Menjadi Guru Favorit Siswa
- Seminar Kepribadian Dinamis
- Seminar Melatih Siswa untuk Proaktif dan Mandiri