Langsung ke konten utama

SOLUSI BAGI GURU ERA SERTIFIKASI

SOLUSI PENGAJARAN bagi para pendidik atau yang di sebut "GURU PROFESIONAL"



Kami memiliki kepedulian yang amat besar pada pendidikan, khususnya pada kualitas para pendidik. Kami memandang kompetensi guru ideal terkait dengan segenap pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki seorang tenaga pengajar serta penerapannya di dalam pekerjaan sesuai dengan kebutuhan lapangan. Standar kompetensi guru meliputi:



  1. Kompetensi pengelolaan pembelajaran,

  2. Wawasan kependidikan,

  3. Kompetensi akademik atau bidang studi,

  4. Pengembangan profesi, dan

  5. Kemampuan kepribadian



(Depdiknas, 2004 dan Suparno, 2001).


Sehingga itu semua adalah apa yang kami ingin bantu untuk para guru.


A. Training Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran


Dalam program ini, Guru akan dilatih sehingga memiliki kemampuan sebagai berikut:



  1. Menyusun Rencana Pembelajaran, menyangkut:

    1. Mendeskripsikan tujuan pembelajaran,

    2. Menentukan materi pembelajaran sesuai kompetensi yang telah ditentukan,


    3. Mengorganisasi materi,

    4. Mengalokasi waktu,

    5. Menentukan metode,

    6. Merencanakan prosedur pembelajaran,

    7. Menentukan media pembelajaran, dan

    8. Menentukan sumber belajar.





  1. Melaksanakan Pembelajaran, menyangkut:


    1. Membuka pelajaran sesuai metode,

    2. Menyajikan materi pelajaran secara sistematis,

    3. Menerapkan metode dan prosedur yang telah ditentukan,

    4. Mengatur kegiatan siswa di kelas,

    5. Menggunakan media pembelajaran,

    6. Menggunakan sumber belajar,

    7. Memotivasi siswa dengan berbagai sumber,

    8. Melakukan interaksi dengan siswa/pembelajar,


    9. Memberikan pertanyaan umpan balik,

    10. Menyimpulkan pembelajaran, dan

    11. Menggunakan waktu secara efektif dan efisien.





  1. Menilai Prestasi Belajar, menyangkut:

    1. Menyusun perangkat penilaian,

    2. Melaksanakan penilaian,


    3. Memeriksa jawaban/memberikan skor tes hasil belajar,

    4. Menilai hasil belajar,

    5. Mengolah hasil penilaian,

    6. Menganalisis hasil penilaian,

    7. Menyimpulkan hasil penilaian,

    8. Menyusun laporan hasil penilaian, dan

    9. Memperbaiki soal.






  1. Tindak Lanjut Penilaian, menyangkut:

    1. Mengidentifikasi kebutuhan tindak lanjut hasil penilaian,

    2. Menyusun program tindak lanjut hasil penilaian,

    3. Melaksanakan tindak lanjut,

    4. Mengevaluasi tindak lanjut, dan

    5. Menganalisis hasil evaluasi.






B. Wawasan Kependidikan


Dalam program ini, Guru akan dipahamkan wawasan yang berikut ini:



  1. Memahami Landasan Kependidikan, menyangkut:

    1. Menjelaskan tujuan dan hakikat pendidikan,

    2. Menjelaskan tujuan dan hakikat pembelajaran,

    3. Menjelaskan konsep dasar pengembangan kurikulum, dan

    4. Menjelaskan struktur kurikulum.




  2. Memahami Kebijakan Pendidikan, menyangkut:

    1. Menjelaskan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional,

    2. Menjelaskan tujuan intitusional,

    3. Menjelaskan sistem dan standar kompetensi guru,

    4. Memanfaatkan standar kompetensi siswa,

    5. Menjelaskan konsep pengembangan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan,

    6. Menjelaskan konsep pengembangan manajemen pendidikan yang diberlakukan, dan


    7. Menjelaskan konsep dan struktur kurikulum.



  3. Memahami Tingkat Perkembangan Siswa, menyangkut:

    1. Menjelaskan psikologi pendidikan yang mendasari perkembangan siswa,

    2. Menjelaskan tingkat-tingkat perkembangan siswa, dan

    3. Mengidentifikasi tingkat perkembangan siswa.



  4. Memahami Pendekatan Pembelajaran, menyangkut:


    1. Menjelaskan teori belajar yang sesuai dengan pembelajaranya,

    2. Menjelaskan strategi dan pendekatan, dan

    3. Menjelaskan metode pembelajaran.



  5. Menerapkan Kerja Sama dalam Pekerjaan, menyangkut:

    1. Menjelaskan arti dan fungsi kerja sama dan

    2. Menerapkan kerja sama dalam pekerjaan.




  6. Memanfaatkan Kemajuan IPTEK dalam Pendidikan, menyangkut:

    1. Menggunakan berbagai fungsi internet terutama email dan mencari informasi,

    2. Menggunakan komputer minimal untuk mengetik.




C. Kompetensi Akademik/Bidang Studi


Kompetensi akademik, yakni menguasai materi pembelajaran sesuai bidangnya. Kemampuan dalam bidang studi membuat pemahaman akan karakteristik dan isi bahan ajar, menguasai konsepnya, mengenal metodologi ilmu yang bersangkutan, memahami konteks bidang itu dan juga kaitanya dengan masyarakat, lingkungan dan dengan ilmu lain.



Program ini akan:



  1. Membantu guru dalam menguasai bahan dan bidang yang menjadi tugasnya. Kesalahan dalam mengerti bahan itu sendiri akan menyebabkan anak didik mengerti secara salah atau terjadi salah konsep. Terlebih guru SD yang menjadi dasar perkembangan berikutnya harus mengikuti bahan ajar mereka secara benar.

  2. Membantu guru dalam memahami bagaimana metode ilmu yang diajarkan itu sendiri bekerja. Guru perlu mengerti bagaimana cara kerja ilmu yang digelutinya, sehingga mudah untuk menjelaskan kepada anak didik.

  3. Membantu guru untuk bisa mengerti konteks ilmu yang hendak diajarkan dalam masyarakat dan teknologi yang sekarang ada. Dengan mengerti konteksnya guru akan lebih mudah menjelaskan kepada siswa karena ilmu tidak asing bagi mereka.


D. Pengembangan Profesi


Pengembangan profesi, menyangkut:



  1. Menulis karya ilmiah hasil penelitian,


  2. Menulis karya ilmiah hasil tinjauan bidang pendidikan,

  3. Menulis ilmiah popular,

  4. Menulis buku modul/diktat,

  5. Membuat alat pelajaran,

  6. Menciptakan karya seni, dan

  7. Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum


E. Kemampuan Kepribadian


Kemampuan kepribadian mencakup kepribadian yang utuh, berbudi luhur, jujur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain; kemampuan mengembangkan profesi seperti berpikir kreatif, kritis, reflektif, mau belajar sepanjang hayat, dapat ambil keputusan dan lain-lain (Depdiknas, 2001).



Untuk ini, maka program pemberdayaan yang diberikan antara lain:



  1. Universal ESQ untuk memicu tumbuhnya mentalitas jujur, ikhlas, bersedia bekerja keras dan bermoral

  2. Personality Plus untuk mengembangkan kepribadian diri dan siswa didik

  3. Howard Gardner Multiple Intelligence untuk memahami keunikan setiap diri siswa dan menyusun pendekatan mengajar yang bersesuaian

  4. Achievement Motivation Training untuk melatih kemampuan memotivasi diri dan siswa


  5. Komunikasi Interpersonal & Publik untuk melatih kemampuan konseling dan berbicara di hadapan publik

  6. Teamwork Building untuk mengikat guru sebagai sebuah tim yang solid untuk bersama-sama membangun sekolah dan mendidik siswa.


F. Paket Training/Seminar Singkat


Kami juga menyediakan jasa pelatihan/seminar singkat berdurasi satu/dua hari dalam topik sebagai berikut:



  1. Achievement Motivation Training for Teacher


  2. Learning How To Learn - Belajar bagaimana cara belajar

  3. Training for Trainer - Belajar bagaimana cara mengajar

  4. Emotional Spiritual Quotient Seminar

  5. Learning Style & Multiple Intelligences Seminar

  6. Seminar Memupuk dan Menumbuhkembangkan Kreativitas di Usia Belia

  7. Training Teknik Memotivasi dan Menginspirasi

  8. Training untuk Menjadi Guru Favorit Siswa

  9. Seminar Kepribadian Dinamis


  10. Seminar Melatih Siswa untuk Proaktif dan Mandiri

Postingan populer dari blog ini

PROCEDURE TEXT : How to make ONDE-ONDE

This good for someone who can not make a cake "Onde-Onde", and this instructions how to make ONDE-ONDE from Denanyar cuisine , here we share the recipe with different flavor: GREENBEAN INSIDE Leather Material: 250 g sticky rice flour 25 gr sago flour ½ teaspoon salt ¼ teaspoon vanilla 15 gr sugar Btr 1 egg 150 ml warm water 100 gr sesame cooking oil Contents: 100 gr green beans, peeled 75 gr sugar Pandan leaves 1 ¼ teaspoon salt ¼ teaspoon vanilla 50 ml coconut milk How to make: 1.Contents: steamed green beans until cooked and tender. Lift, then blend while hot. Combine the green beans with sugar, pandan leaves, salt, vanilla and coconut milk, mix well. Cook over low heat until the dough can dipulung content. Chill. Take the contents of 10 g dough, then round it off. Set aside. 2. Skin: mix rice flour, sago flour, salt, vanilla, sugar and egg mix well. Pour warm water little by little, while diuleni to be dull and dipulung, set aside. 3. Take 15 g dough skin, pipihkan. Put t...

logo jombang hitam putih

LABORATORIUM BAHASA MULTIMEDIA DAN FUNGSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING

A. Pengertian Laboratorium Bahasa Multimedia Laboratorium bahasa mengacu kepada seperangkat peralatan elektronik audio video yang terdiri atas instructor console sebagai mesin utama, dilengkapi dengan repeater language learning machine, tape recorder, DVD Player, video monitor, headset dan students¡¦ booth yang dipasang dalam satu ruang kedap suara. Selain itu ada pula komponen komputer multimedia sebagai komponen tambahan yang dapat dikombinasikan dengan kesemuanya itu. Bila itu dilakukan, maka tampillah laboratorium bahasa itu sebagai laboratorium bahasa multimedia. Artinya, peralatan laboratorium bahasa itu mencakup berbagai jenis media dengan fungsi masing-masing yang bervariasi. Dengan laboratorium bahasa multimedia, guru kreatif dapat memanfaatkan aneka jenis program pelajaran bahasa asing baik yang dikemas dalam bentuk kaset audio, video, maupun CD interaktif. Bahkan, dengan peralatan ini guru juga dapat memanfaatkan kemampuan dirinya dalam memfasilitasi siswa agar terlibat dal...