Langsung ke konten utama

SERTIFIKASI GURU, sudahkah kita pantas menerima? CERMIN DIRI!

Abstrak.


Upaya menaikkan kesejahteraan guru terus diperjuangkan mulai dari kenaikan pangkat 4 tahunan menjadi kenaikan pangkat otomatis kemudian bisa (2 tahunan). Pengalaman di atas kita harus waspada jangan sampai kenaikan gaji guru 1 kali gaji bernasib sama, mampu meningkatkan kesejahteraan guru tetapi tidak mampu meningkatkan mutu pendidikan. Selama ini yang digarap oleh penggede-penggede pendidikan hanya sebatas mutu fisik, sedangkan mutu budi pekerti diabaikan. Kata kunci : Kesejahteraan guru, mutu pendidikan, dan budi pekerti.






Pendahuluan






Pada masa K.H. Dewantara profesi guru menjadi idola dan impian bagi setiap pemuda. Idealisme untuk menjadi guru yang profesional sangat tinggi, padahal kondisi negara saat itu masa transisi menuju dan mempertahankan kemerdekaan. Di kala itu para pemuda terpanggil untuk menjadi guru, karena rasa nasionalismenya tinggi, sangat wajar kalau guru di kala itu mendapat predikat guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan guru digugu lan ditiru. Tampaknya predikat tersebut hanya berlaku sementara dan kini telah berubah hanyut ditelan arus perubahan. Guru kini kehilangan jati dirinya. Impian bagi setiap pemuda untuk menjadi guru kini benar-benar telah hanyut. Bukan rasa nasionalisme yang tinggi, melainkan kini menjadi guru karena tidak sengaja, terpaksa, dan bukan karena cita-cita.

Di era reformasi ini muncul istilah sertifikasi, seiring dengan munculnya istilah profesi guru diidentikkan dengan profesi di kedokteran, psikologi, akuntansi, dan hukum. Lulusan sarjana hukum misalnya, untuk menjadi Notaris harus menempuh sertifikat terlebih dahulu, senada dengan ini menurut Undang-undang Guru dan Dosen (UUGD) pasal 10 ayat (1) bahwa kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 diperoleh melalui pendidikan profesi. Dengan demikian jelaslah bahwa seorang guru yang profesional salah satu persyaratannya adalah telah lulus sarjana pendidikan dan telah memiliki sertifikat pendidik.






Kesejahteraan Guru


Selama ini orang awam beranggapan bahwa kesejahteraan guru (PNS) dianggap sangat kecil bila dibanding dengan gaji PNS-PNS lain. Dengan disahkannya Undang-undang Guru dan Dosen (UUGD) maka kesejahteraan guru ada kenaikan secara tajam satu kali gaji yang diterima selama ini. Kita menengok sejarah perjuangan perjalanan menaikkan kesejahteraan guru sejak dulu hingga sekarang terus diperjuangkan, perjuangan tersebut antara lain melalui kenaikan pangkat semula 4 tahunan sebagaimana PNS lain dalam bentuk reguler kenyataan di lapangan sering terlambat karena aturan birokrasi, kemudian berubah menjadi kenaikan pangkat secara otomatis menghapus segala keterlambatan. Upaya menaikkan kesejahteraan guru terus diperjuangkan akhirnya secara spektakuler guru bisa naik pangkat dengan menduduki masa kerja dalam kepangkatannya selama 2 tahun (Menpan, 1993) dengan harapan kesejahteraan guru meningkat diimbangi mutu pendidikan meningkat pula, ternyata itu hanya harapan saja. Pengalaman di atas kita harus waspada jangan sampai kenaikan gaji guru satu kali gaji bernasib sama dengan dulu, yakni mampu meningkatkan kesejahteraan guru tetapi tidak mampu meningkatkan mutu pendidikan, demikian juga citra guru di mata masyarakat. Seiring dengan ini, Muchlas Samani (2007) menyatakan kita punya pengalaman proyek PKG (Program Kerja Guru) yang pada pelaksanaannya dinilai sukses namun diakhir proyek evaluasi komprehensif menunjukkan bahwa PKG dinilai mampu meningkatkan mutu guru tetapi belum mampu meningkatkan mutu pendidikan. Jangan-jangan nasib sertifikasi guru sebagai upaya perwujudan UUGD bernasib sama dengan nasib PKG.

Dari pengalaman-pengalaman di atas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya selama ini yang digarap oleh penggede-penggede pendidikan hanya sebatas pada mutu fisik, mutu pengetahuan, dan mutu teknologi bukan mutu budi pekerti. Mutu budi pekerti selama ini belum disentuh sama sekali, jangan disalahkan kalau upaya peningkatan mutu pendidikan selalu dikaitkan dengan mutu kesejahteraan guru selalu mengalami kegagalan. Upaya peningkatan mutu budi pekertilah akan mengubah citra guru kembali ke jatidirinya dan para pemuda akan bangkit kembali rasa nasionalisme yang tinggi (nation character building). Daoed Joesoef (dalam Dono Saputro, 2001) mengatakan bahwa hanya ada dua profesi di dunia ini yakni profesi guru dan lainnya. Sadarilah, percaya atau tidak, suka atau tidak, dan mau atau tidak, guru (PNS) adalah satu-satunya PNS yang memiliki gaji terbesar (gaji ganda) yang tidak dimiliki oleh PNS lain, yakni (1) setiap awal bulan dari pemerintah, dan (2) di akhirat kelak hanya Tuhan semata yang akan memberi imbalan gaji besar. Senada dengan ini baginda Rosullullah s.a.w. bersabda jika anak turun Adam meninggal dunia putuslah segala amalnya kecuali amal jariyah, mempunyai anak soleh-solihah, dan ilmu yang bermanfaat.


Implementasi Sertifikasi Guru


UUGD pada pasal 1 ayat (1) menyebutkan bahwa sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidikan kepada guru dan dosen sedangkan pasal 11 ayat (1) menyebutkan bahwa sertifikasi pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Pasal 8 menyebutkan bahwa guru wajib memenuhi kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sedangkan pasal 16 ayat (1) dan ayat (2) menyebutkan bahwa Pemerintah memberikan tunjangan profesi sebesar satu kali gaji. Jadi guru memiliki sertifikasi profesi baru berhak diajukan gajinya dinaikkan sebesar satu kali gaji. Untuk memperoleh sertifikat pendidik menurut Muchlas Samami (2007) alur uji sertifikasi guru sebagai berikut:





Penutup
Kesimpulan

Sejarah perjuangan menaikkan kesejahteraan guru seiring dengan peningkatan mutu pendidikan terus diperjuangkan mulai dari kenaikan pangkat 4 tahunan menjadi kenaikan pangkat otomatis, dari kenaikan pangkat otomatis menjadi bisa naik pangkat menduduki pangkat 2 tahun dinaikkan ke pangkat berikutnya, dan sertifikasi guru mendapat tambahan satu kali gaji dengan harapan guru profesional. Guru profesional berijazah S-1 / D-IV dan bersertifikat, sebelum mendapat sertifikat pendidik diseleksi melalui tes dengan materi (a) self apprasial, (b) porto folio, dan (c) penilaian atasan/sejawat.


Saran-saran

Upaya peningkatan kesejahteraan guru sejak dulu hingga sekarang terus diperjuangkan dengan harapan ada peningkatan mutu pendidikan namun hasilnya belum bisa memenuhi harapan. Selama ini upaya-upaya tersebut yang digarap oleh penggede-penggede pendidikan hanya sebatas pada mutu fisik, mutu pengetahuan, dan mutu teknologi bukan mutu budi pekerti. Mutu budi pekerti selama ini belum disentuh sama sekali, jangan disalahkan kalau upaya peningkatan mutu pendidikan selalu dikaitkan dengan kesejahteraan guru selalu mengalami kegagalan.


(Ditulis oleh : Drs. Sukaryono, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 2 Lawang Kab. Malang - Jawa Timur)

Postingan populer dari blog ini

PROCEDURE TEXT : How to make ONDE-ONDE

This good for someone who can not make a cake "Onde-Onde", and this instructions how to make ONDE-ONDE from Denanyar cuisine , here we share the recipe with different flavor: GREENBEAN INSIDE Leather Material: 250 g sticky rice flour 25 gr sago flour ½ teaspoon salt ¼ teaspoon vanilla 15 gr sugar Btr 1 egg 150 ml warm water 100 gr sesame cooking oil Contents: 100 gr green beans, peeled 75 gr sugar Pandan leaves 1 ¼ teaspoon salt ¼ teaspoon vanilla 50 ml coconut milk How to make: 1.Contents: steamed green beans until cooked and tender. Lift, then blend while hot. Combine the green beans with sugar, pandan leaves, salt, vanilla and coconut milk, mix well. Cook over low heat until the dough can dipulung content. Chill. Take the contents of 10 g dough, then round it off. Set aside. 2. Skin: mix rice flour, sago flour, salt, vanilla, sugar and egg mix well. Pour warm water little by little, while diuleni to be dull and dipulung, set aside. 3. Take 15 g dough skin, pipihkan. Put t

DESCRIPTIVE TEXT.......MOUNT BROMO

by Darju Prasetya from Tuban, East Java Climbing mountains is my hobby. I really love this hobby because we can enjoy the beautiful landscape created by God. We can also refresh our mind after we work all day in the city. One of the most beautiful and magical mountains in East Java which I have visited is Mount Bromo. It is located in Probolinggo Regency not far from the Malang Regency. You know that this mountain is very interesting because you can see the beautiful sunrise and sunset from this mountain. You can take a magical picture from the sky above this mountain. Beside that you can see the beautiful or large field or what the Bromo people call ‘Lautan Pasir’ or ‘The Desert Sea’. It is very beautiful if you see from the top of Mount Bromo. On the top of Mount Bromo, there are also a ‘Kawah’ or ‘Crater’, where visitors can make their body warm in the cold conditions of this mountain. In this crater you can see some beautiful colors of fire and beautiful smoke going up to the sky.

ORANGTUA DAN MORAL ANAK KITA

Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Moral Ibu adalah orang yang paling dekat pada anak. Ia merupakan orang yang pertama yang mengajarkan cara berbicara, cara menghitung jari di tangan, dan cara mengekspresikan rasa kasih sayang dan simpati pada orang lain. Dengan demikian ia merupakan guru pertama dan utama dalam mengendalikan anaknya untuk menjadi orang yang baik dan berguna bagi orang. Kemudian ayah juga harus menjadi orang yang pertama atau orang nomor dua dalam kehidupan anak sebagai pendidik anak dan membimbingnya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Menjadi orang yang berguna seperti kata Rasullullah SAW: khairunnas anfahum linnas- orang yang baik adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Namun dari kenyataan dalam hidup ini terlihat bahwa jutaan kaum bapak tidak tahu dan tidak mau tahu soal mendidik anak. Mereka terlalu menyerahkan urusan mendidik anak pada kaum ibu. Sebagian menganggap bahwa kalau ikut mendidik dan merawat anak maka karakter maskulin mereka akan merosot.